Think Globally, Act Locally

think-global

Sudah cukup lama sejak gue aktif nge-blog, gara-garanya sejak lulus kuliah dan kerja, cukup sulit untuk menemukan waktu dan mood yang pas buat nulis. Dan kemalasan gue bertambah sejak tulisan-tulisan gue raib dari Database. Only God knows why *sigh*. Nah, berhubung mood gue udah muncul lagi, gue mau coba aktif nge-blog kembali. Website yang gue pakai ini bukan murni hanya buat blog saja sih, tapi juga buat portfolio gue karena gue bekerja di dunia digital media dimana porfolio itu penting banget.

Website gue sekarang, gue beri tagline "THINK GLOBALLY, ACT LOCALLY ". Gue dapat tagline ini dari guru Geografi di SMA dan gue merasa tagline ini pas banget dengan segala cita-cita dan harapan gue. What does it mean exactly? THINK GLOBALLY, ACT LOCALLY mengajak kita untuk bertindak dari akar atau bahasa kerennya, grassroots movement.

Grassroots movement banyak dipakai di berbagai macam bidang misalnya di dunia politik atau lingkungan. Contohnya, saat mendekati pemilu maka partai-partai akan mulai melakukan pendekatan dan kampanye mulai dari tingkat desa atau RT / RW dengan tujuan yang lebih besar yaitu mendapatkan banyak suara untuk memenangkan pemilu. Contoh lain adalah mengenai masalah lingkungan, para aktifis biasanya akan sangat aktif dari hal-hal yang kecil misalnya dengan mulai mengajak masyarakat menanam pohon. Dari melakukan hal tersebut para aktifis berharap keadaan bumi akan perlahan membaik.

Banyak orang / komunitas / organisasi yang memiliki cita-cita, rencana, visi, dan misi yang besar. Semua hal itu memang adalah esensi dalam hidup untuk mencapai tujuan utama suatu individu / kelompok. Tapi kita nggak bisa menyelesaikan lomba marathon 10 KM apabila kita sendiri merasa kesulitan buat lari 1 KM. Kita nggak akan bisa jadi bos yang baik kalo kita sendiri nggak bisa jadi karyawan yang baik. Bener kan? Memulai hal-hal yang kecil akan membantu kita dalam mempersiapkan hal-hal yang lebih besar!

Built with HTML5 and CSS3 - Copyright © 2014 John Michael